RSUD Taman Husada Bontang Terima Visitasi BPJS Kesehatan untuk Kesiapan Layanan Kemo Terapi

BONTANG – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Taman Husada Bontang menerima kunjungan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Deputi Wilayah VIII Balikpapan, Rabu (25/09/2024).

Visitasi ini bertujuan untuk meninjau kesiapan rumah sakit dalam menyelenggarakan layanan Kemo Terapi yang merupakan sebuah langkah penting bagi pasien kanker di wilayah Bontang.

Bacaan Lainnya

Wakil Direktur Pelayanan Kesehatan, Niken Titisurianggi, menjelaskan bahwa kunjungan ini merupakan bagian dari proses yang dimulai sejak Januari 2024. Saat itu, RSUD Taman Husada mengajukan permohonan kepada BPJS Kesehatan untuk menyediakan layanan Kemo Terapi bagi pasien.

“Alhamdulillah hari ini visitasi terkait pemenuhan persyaratan yang diminta BPJS. Mulai dari sumber daya manusia, fasilitas, farmasi maupun ruang tindakannya, prosedur dan standar pelayanan medisnya,” ujar Niken.

Niken menyebut, proses pengajuan ini kini mencapai 99,99%. Semua berkas sudah dilengkapi dan sudah dilakukan peninjauan langsung oleh pihak BPJS, tinggal menunggu keputusan pusat terkait berkas dan hasil visitasi hari ini.

“Pihak BPJS harus membawa ini (hasil visitasi) ke kantor pusat, karena termasuk pelayanan canggih yang berbiaya mahal, perlu memang standar yang ketat, sisa persennya hanya dari keputusan pusat,” katanya.

Mengingat layanan Kemo Terapi di daerah sebelumnya hanya tersedia di Kota Samarinda, Niken berharap keberadaan layanan ini di Bontang akan mempermudah akses bagi pasien.

“Harapan kami, jika semua berjalan lancar, masyarakat Bontang dan sekitarnya, termasuk Kutim dan Kukar, tidak perlu lagi menempuh jarak jauh ke Samarinda untuk mendapatkan perawatan Kemo,” pungkasnya.

Dengan langkah ini, RSUD Taman Husada diharapkan bisa menjadi pusat perawatan yang lebih dekat dan mudah diakses oleh pasien kanker. (adv)

Pos terkait