KPU Bontang Terima Berkas Pendaftaran Bapaslon Kepala Daerah Sutomo-Nasrullah

BONTANG — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bontang terima kedatangan bakal pasangan calon (bapaslon) kepala daerah Kota Bontang, Sutomo Jabir dan Nasrullah, untuk mendaftar sebagai calon kepala daerah Kota Bontang, Kamis (29/8/2024). Namun sempat tertunda beberapa jam.

Ketua KPU Kota Bontang, Muzarroby Renfly, menerangkan bahwa tertundanya pendaftaran bapaslon bukan keinginan KPU Bontang.

Bacaan Lainnya

Tetapi sudah menjadi aturan yang ditetapkan. Di mana harus ada ketua partai yang harus bertandatangan.

“Itu memang sudah tertuang di PKPU 8, pasal 97. Tertuang juga di keputusan KPU 1229 poin nomor 3. Artinya bukan kami yang menentukan. Itu sudah regulasi,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Roby juga memaparkan sempat terjadi dinamika setelah putusan Mahkamah Konstitusi (MK).

Di mana sebelumnya calon mengusung berdasarkan perolehan kursi parpol. Akan tetapi saat ini cukup raihan 10 persen suara sah. Artinya, kata dia. partai politik yang tidak memiliki kursi di legislatif, tetap bisa mengusung.

“Dengan skema yang kemarin, itu 10 persen dari perolehan suara Pemilu sah secara globar se Kota Bontang,” tuturnya.

Roby juga menyampaikan pemeriksaan kesehatan dilakukan besok, Jumat hingga Sabtu (30-31/8/2024).

Dirinya berharapa agar bapaslon hadir tepat waktu di RSUD Taman Husada Kota Bontang. Karena pemeriksaan dimulai pukul 06:00 Wita

“Kemungkinan sampai jam 6 sore. Kami percayakan semua permasalahan teknis pemeriksaan kepada tim rumah sakit yang sudah kami tetapkan,” pungkanya.

Bacalon Wali Kota Bontang, Sutomo Jabir, sebelumnya menyampaikan sedikit program dan komitmennya untuk memajukan Kota Bontang.

Terutama dalam sektor pendidikan dan kesehatan, Sutomo Jabir berharap agar semakin ditingkatkan lagi.

“Oleh karena itu, hari ini, 5 tahun ke depan, kita harus memastikan bahwa semua masyarakat kita mempunyai akses yang mudah terhadap pendidikan dan kesehatan,” tandasnya.

Politisi PKB itu juga menyampaikan terima kasihnya kepada semua pihak yang terlibat dalam pendaftaran ini bersama Nasrullah. (Adv)

Pos terkait