Tingkatkan Layanan Kesehatan, RSUD Bontang Sediakan Alkes MRI untuk Terapi Saraf Tanpa Radioaktif

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Taman Husada Bontang kini menyediakan alat Magnetic Resonance Imaging (MRI) untuk pemeriksaan saraf menggunakan gelombang radio dan teknologi magnetik. (aset.ritme)

Bontang – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Taman Husada Bontang kini menyediakan alat Magnetic Resonance Imaging (MRI) untuk pemeriksaan saraf menggunakan gelombang radio dan teknologi magnetik.

Bacaan Lainnya

Humas RSUD Taman Husada Bontang, dr. Siti Aisyatur Ridha, mengatakan pemeriksaan MRI sering kali dilakukan untuk mendiagnosa pasien dengan keluhan terkait otak, sendi, tulang, jaringan lunak, dan pembuluh darah.

“Terutama pada saraf pada kasus-kasus trauma, atau penyakit saraf yang tidak dapat dideteksi menggunakan CT Scan,” terangnya saat ditemui, Kamis (10/10/2024).

Dalam pelaksanaannya, beberapa pemeriksaan MRI membutuhkan zat pewarna khusus yang disuntikkan lewat pembuluh darah guna meningkatkan ketepatan gambar pada hasil pemeriksaan.

Berbeda dengan radioterapi, MRI lebih aman bagi pasien, termasuk ibu hamil karna tidak menggunakan sinar radiasi. Selain itu, MRI ini merupakan salah satu layanan di RSUD Taman Husada yang telah tercover oleh BPJS Kesehatan, sehingga masyarakat secara umum dapat menikmati layanan ini.

“MRI inikan tidak ada invasif radioaktif ya, beda dengan CT Scan, jadi resikonya lebih rendah, dan alhamdulillah MRI sudah ditanggung sama BPJS kesehatan,” ujar Ridha.

Ridha mengatakan inovasi ini merupakan komitmen RSUD Taman Husada dalam melakukan layanan kesehatan yang efektif bagi masyarakat Bontang, masyarakat tidak perlu jauh-jauh keluar kota untuk menikmati layanan MRI.

“Kami berharap masyarakat tidak perlu khawatir untuk memanfaatkan fasilitas layanan yang ada di RSUD Taman Husada Bontang,” tukasnya. (Adv)

Pos terkait