Hari Penglihatan Sedunia Tahun 2024, RSUD Taman Husada Bontang Gelar Promkes Pencegahan Mata Malas Pada Anak

RSUD Taman Husada Bontang Gealar Promosi Kesehatan Dalam Rangka Memperingati Hari Penglihatan Sedunia Tahun 2024

Bontang – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Taman Husada Bontang, menggelar Promosi Kesehatan (Promkes) tentang pencegahan Mata Malas pada anak dalam rangka memperingati Hari Penglihatan Sedunia Tahun 2024.

Bacaan Lainnya

Narasumber pada Promkes itu adalah salah satu dokter spesialis mata di RSUD Taman Husada, dr. Retnaningrum. Kegiatan berlangsung selama kurang lebih tiga jam dan digelar di Ruang Tunggu Poliklinik Rawat Jalan Gedung B, Rabu (16/10/2024) pagi.

Menurut Kepala Bidang Promosi Kesehatan RSUD Taman Husada, Sunarti, kegiatan tersebut merupakan agenda rutin bidang Promkes yang digelar dua kali dalam sebulan untuk menyampaikan kepada masyarakat berbagai macam item kesehatan yang ada di RSUD Taman Husada.

“Kegiatan ini merupakan agenda rutin dibidang Promosi Kesehatan. Kegiatan ini sudah terjadwal sebulan dua kali, dan bisa lebih jika ada update kesehatan yang harus segera disampaikan,” ucapnya.

“Jadi tidak melulu tentang kesehatan mata, ada juga tentang kesehatan gigi, kangker, jantung, dan item kesehatan yang lainnya,” sambungnya.

Sunarti mengatakan, peserta dari Promkes ini adalah pengunjung yang datang ke RSUD Taman Husada, agar keluarga ataupun pasien yang sedang menunggu antrian tidak hanya sekedar duduk menunggu giliran, tapi juga mendapatkan edukasi terkait kesehatan.

“Peserta adalah pengunjung yang datang, sasarannya memang seluruh pengunjung RSUD Taman Husada, bisa juga karyawan,” terang Sunarti.

Sunarti berharap kegiatan tersebut dapat meningkatkan pemahaman masyarakat terkait pentingnya menjaga kesehatan, memiliki pengetahuan tentang cara pencegahan serta apa saja langkah-langkah yang harus dilakukan agar penyakit cepat sembuh.

“Jadi harapannya, agar semua masyarakat melek dengan kesehatan. Contohnya mata, agar masyarakat mengetahui berbagai kelainan mata pada anak dan apa yang harus dilakukan untuk mencegah serta penanganannya,” harapnya.

Lebih lanjut, meski saat ini Promkes lebih berfokus melakukan kegiatan diarea RSUD Bontang, namun sesekali Promkes juga dilakukan diluar gedung.

“Kemarin kami sempat kolaborasi dengan puskesmas, kami keluar gedung, ke sekolah-sekolah untuk tes kebugaran, tapi untuk saat ini kami lebih berfokus di rumah sakit,” tukasnya.

Terakhir, selain menyampaikan edukasi kesehatan secara tatap muka, Promkes juga dilakukan via online melalui berbagai platform yang dimiliki RSUD Taman Husada untuk menyebarluaskan edukasi terkait kesehatan kepada masyarakat secara luas.

“Kami punya Podcast yang berisi pembahasan-pembahasan terkait kesehatan, ada Facebook, YouTube dan IG,” tutupnya Sunarti. (Adv)

Pos terkait