Pasar Taman Rawa Indah Gunakan Media Sosial untuk Tingkatkan Minat Belanja Konsumen

BONTANG – Pemanfaatan platform media sosial untuk menarik minat konsumen berbelanja bahan perlengkapan rumah tangga menjadi salah satu strategi yang dilakukan oleh pengelola pasar Taman Rawa Indah, salah satu pasar UPT yang berada dibawah naungan Dinas Koperasi Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP) Kota Bontang.

Tantangan pasar konvensional pada zaman sekarang ini adalah sebagian konsumen beralih membeli barang-barang melalui platform media online.

Bacaan Lainnya

Dampak ini dirasakan seluruh pasar konvensional, termasuk Pasar Taman Rawa Indah yang terletak di Jalan Ir. H. Juanda, Kelurahan Tanjung Laut Indah, Kecamatan Bontang Selatan, Kota Bontang.

Hal ini membuat pengelolah pasar Taman Rawa indah ini untuk mencari solusi praktis bagaimana menarik minat konsumen untuk datang berbelanja kebutuhan rumah tangga masyarakat Kota Bontang, khususnya yang berada di sekitar lokasi pasar.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Kasubag TU) UPT Pasar Taman Rawa Indah, Muhammad Kamil, menjelaskan bahwa memang tantangan jaman modern hari ini adalah beralihnya sebagian minat beli masyarakat dari konvensioanal ke platform belanja online.

“Pergeseran minat belanja masyarakat dari konvensional ke media online ini memang memberi pengaruh terhadap omset para pedagang, tetapi kita tetap melakukan upaya melakukan solusi untuk tetap terus mengembangkan pasar ini, salah satu yang kami lakukan adalah memanfaatkan media sosial seperti instagram untuk menarik minat konsumen,” jelas Kamil, Rabu (16/10/2024).

Salah satu platform media sosial yang digunakan adalah Instagram. Melalui akun instagram @dkumpp.uptpasar_bontang, pihak pengelolah pasar memposting berbagai macam kegiatan pasar termasuk sosialisasi, monitoring, dan pemeriksaan kualitas barang dagangan.

“Tujuan dari pasar ini kan bagaimana agar supaya kesejahteraan para pedagang bisa tercapai, dan kehadiran pasar ini sebetulnya sudah cukup memberikan kesejateraan dan kemudahan bagi konsumen,” ujar Kamil. (adv)

Pos terkait