Digelar Besok, 548 Pelari Dalam dan Luar Negeri Ikuti Bontang International Ultra Trail 2024

BONTANG – Bontang International Ultra Trail (BIUT) kembali digelar. Sukses dengan gelaran event yang serupa pada 2023 lalu, event lari menembus alam ini bakal berlangsung pada Minggu, (20/10/2024) besok.

Ketua Penyelenggara BIUT, David Johansyah, mengungkapkan antusiasmenya terhadap jumlah peserta yang tahun ini bertambah. Dia mengatakan, event edisi ketiga ini akan diikuti oleh 548 pelari dari dalam dan luar negeri, yang siap menghadapi tantangan di empat kategori jarak, yakni 5K, 10K, 21K, dan 60K.

Bacaan Lainnya

Dalam kategori 5K, terdapat 140 pelari, 10K dengan 227 peserta; 21K diikuti oleh 128 pelari, dan kategori paling menantang, 60K, diikuti oleh 53 peserta. “Pelepasan peserta akan dimulai pada pukul 04.00 pagi, dengan kategori 60K, yang diharapkan selesai dalam 14 jam untuk laki-laki dan 15 jam untuk perempuan,” kata David, Sabtu (19/10/2024).

Meskipun BIUT sebelumnya pernah dihadiri juara dunia dari Filipina, tahun ini tidak dapat hadir karena jadwal yang bentrok. Meski begitu, event ini tetap menarik pelari dari Jepang dan Kolombia. Hal ini menunjukkan daya tarik global yang dimiliki Bontang. “Sebenarnya dia ingin datang lagi tahun ini, tapi sayangnya dia memiliki jadwal event lain di luar negeri,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Lari Trail Indonesia (ALTI) Kota Bontang, Bajuri, juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada para sponsor yang telah mendukung acara ini. Seperti Pemerintah Kota Bontang, Bank Kaltimtara, PT Badak LNG, PT Pupuk Kaltim, PT Indominco Mandiri, Rudal, Kodim 0808/Btg, Polres Bontang, TNK, dan Lembah Permai.

Dengan total hadiah mencapai 178 juta rupiah,  BIUT ini juga diharapkan tidak hanya menjadi ajang kompetisi, tetapi juga mempromosikan keindahan hutan wisata dan membantu peningkatan UMKM di Bontang.

“Pesertanya kan banyak dari luar seperti jawa, bali, sulsel. Pastinya akan berdampak terhadap perhotelan dan UMKM,” ucapnya.

Bajuri juga berharap event ini bisa berjalan lancar, aman dan tanpa ada kendala berarti. “Harapan kita kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar, aman, sesuai harapan dan tidak ada halangan apapun,” harapnya. (*)

Pos terkait