Melayani Sepenuh Hati, RSUD Taman Husada Bontang Terapkan Sistem Digital dan Benahi Fasilitas Ruang Tunggu

Sebagai upaya mewujudkan motto “Melayani Sepenuh Hati”, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Taman Husada Bontang terus berinovasi guna memberikan pelayanan yang lebih baik untuk kenyamanan masyarakat Kota Bontang. (dok: ritmee)

Bontang – Sebagai upaya mewujudkan motto “Melayani Sepenuh Hati”, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Taman Husada Bontang terus berinovasi guna memberikan pelayanan yang lebih baik untuk kenyamanan masyarakat Kota Bontang.

Humas RSUD Taman Husada Bontang, dr. Siti Aisyatur Ridha, menjelaskan bahwa tujuan utama pembenahan fasilitas itu merupakan untuk meningkatkan kenyamanan masyarakat yang berobat di rumah sakit tersebut.

Bacaan Lainnya

“Motto kita kan melayani sepenuh hati, jadi kita ingin masyarakat Kota Bontang yang berobat di RSUD lebih terfasilitasi dengan fasilitas yang kami siapkan,” ujar dr. Ridha, Rabu (9/10/2024).

Ia menegaskan bahwa meski perbaikan yang dilakukan tampak sederhana, namun sangat berdampak pada kenyamanan pasien dan pengunjung.

Salah satu perubahan yang dilakukan adalah penghapusan sekat kaca yang sebelumnya dipasang saat pandemi Covid-19. Menurutnya, dengan kembali menerapkan interaksi tatap muka secara langsung, pihak rumah sakit berharap pasien bisa lebih nyaman saat menerima pelayanan.

Selain untuk pasien, peningkatan fasilitas juga dilakukan bagi para tenaga medis. Ruang perawat atau nurse station yang ada di setiap ruang rawat inap juga telah mengalami perbaikan.

Menurut Ridha, hal tersebut penting untuk memastikan kenyamanan para perawat agar meningkatkan etos kerja pegawai dalam menjalankan tugasnya sehingga mereka bisa memberikan pelayanan yang lebih optimal.

“Kami juga membenahi tampilan nurse station agar perawat nyaman bekerja. Ini adalah bagian dari komitmen kami untuk melayani sepenuh hati,” lanjutnya.

Dengan perbaikan ini, diharapkan kualitas kerja para perawat meningkat dan secara langsung berpengaruh pada pelayanan pasien.

Selain fasilitas fisik, rumah sakit milik Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang juga telah mengadopsi sistem informasi berbasis digital. Hal ini sesuai dengan arahan pemerintah dalam program gerakan medis berbasis elektronik.

“Sistem informasi kita sudah tidak manual lagi, sekarang sudah berbasis digital,” jelasnya.

Transformasi digital tersebut diharapkan mampu mempercepat proses pelayanan, baik dalam hal pendaftaran pasien, pengelolaan data medis, hingga penanganan administrasi lainnya.

Dengan adanya sistem digital, RSUD Taman Husada Bontang juga mengurangi risiko kesalahan manusia dan mempercepat akses terhadap informasi medis pasien. Hal ini sangat penting untuk menjaga kualitas pelayanan yang lebih efisien dan akurat, sesuai dengan perkembangan teknologi di sektor kesehatan.

Pihak RSUD pun terus berupaya untuk menyempurnakan setiap aspek layanan agar lebih sejalan dengan komitmen mereka dalam memberikan pelayanan maksimal.

“Kita terus berbenah agar sesuai dengan motto kami, melayani sepenuh hati,” pungkas Ridha.

Dengan berbagai pembenahan yang dilakukan, RSUD Taman Husada Bontang berharap masyarakat bisa merasakan peningkatan kualitas pelayanan dan merasa lebih nyaman saat mendapatkan perawatan di rumah sakit. (Adv)

Pos terkait