Bapaslon Basri-Chusnul Jalani Pemeriksaan Kesehatan di RSUD Taman Husada Bontang

BONTANG — Bakal pasangan calon (bapaslon) kepala daerah Kota Bontang kini sudah sampai pada tahapan pemeriksaan kesehatan. Untuk Kota Bontang, pemeriksaan kesehatan dilakukan pada Jumat hingga Sabtu (30-31/8/2024).

Bapaslon kepala daerah Kota Bontang, Basri Rase-Chusnul Dhihin, didampingi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bontang dan RSUD Taman Husada Kota Bontang, menyampaikan apresiasinya terhadap pelayanan yang disiapakan.

Bacaan Lainnya

“Pelayanannya sungguh luar biasa dibandingkan periode sebelum saya waktu melaksanakan pemeriksaan kesehatan di Tenggarong. Karena waktu itu masih tipe C,” ucap bacalon Wali Kota Bontang, Basri Rase.

Dirinya mengatakan semua proses pemeriksaan berjalan dengan lancar. Dia menyebut bahwa pihak rumah sakit dan penyelenggara tidak membeda-bedakan bapaslon.

“Semuanya berjalan dengan baik. Tidak ada satu pun perbedaan di antara kami. Sesuai dengan aturan yang ditetapkan KPU. Karena itu saya ucapkan terima kasih kepada rumah sakit, KPU dan Bawaslu,” ungkapnya kepada awak media.

Sementara itu, dalam konferensi persnya, Ketua KPU Bontang, Muzarroby Renfly menyampaikan bahwa berdasarkan aturan yang telah ditentukan, pemeriksaan ini dilakukan pada 29 Agustus sampai dengan 2 September 2024.

Akan tetapi, kata dia, untuk di Kota Bontang, dilakukan pada tanggal 30 sampai 31 Agustus 2024. Pasca pemeriksaan ini, hasilnya bakal disampaikan kepada KPU Bontang. Sementara untuk penilaiannya, semuanya diserahkan kepada tim pemeriksa.

“Nanti indikatornya, apakah layak atau tidak layak, itu dinilai oleh tim pemeriksaan. Tentunya pemeriksaan A sampai Z akan disampaikan kepada KPU, namun ada beberapa hal pengecualian,” jelasnya.

Roby mengatakan proses pemeriksaan tersebut masuk dalam bagian administrasi. Mulai dari pendaftaran, pemberkasan calon, semuanya dalam satu rangkaian.

“Khususnya untuk di kesehatan ini. Bukan hanya KPU yang memutuskan. Karena bicara medis ini bukan kapasitas KPU, ini adalah kewenangan kedokteran,” tandasnya.

Karenanya, dia berharap hasil pemeriksaan ini semua bapaslon dapat mengantarkan mereka jadi calon kepala daerah Kota Bontang.

“Kita harapkan semuanya baik. Berjalan lancar. Tidak ada hal-hal seperti bapaslon yang terindikasi kasus narkoba atau hal lainnya. Semoga semuanya layak,” ujarnya. (Adv)

Pos terkait