UMKM Center Bontang; Wujud Kepedulian Pemkot dalam Mendorong Kesejahteraan Pelaku Usaha

BONTANG – Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Center merupakan pusat berkumpulnya berbagai macam produk UMKM Kota Bontang yang didominasi oleh produk asli khas Bontang.

Ini merupakan bentuk perhatian Pemerintah Kota Bontang dalam memajukan, mengembangkan, dan meningkatkan kesejahteraan para pelaku usaha mikro kecil dan menengah.

Bacaan Lainnya

UMKM Center yang berada dibawah naungan Dinas Koperasi Usaha Mikro, Perindustrian Dan Perdagangan (DKUKMP) diresmikan Agustus 2024 yang lalu, di Jalan Parikesit, yang merupakan bekas lapangan MTQ.

Sudah ada lebih dari sembilan puluh pelaku usaha yang sudah ikut berkontribusi didalam UMKM Center, produknya terdiri dari makanan khas Kota Bontang, pakaian dan berbagai macam aksesoris.

Beberapa perusahaan juga ikut terlibat dan memberikan binaan kepada beberapa pelaku UMKM, diantaranya PT Pupuk Kaltim, PT Kaltim Metanol Industri, PT Badak, PT PAMA, dan lainnya.

Salah satu petugas verifikasi permodalan, Aulia Arrahman, menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Bontang telah menyediakan modal usaha yang akan diberikan kepada pelaku UMKM, bekerja sama dengan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) yang nominalnya mencapai dua puluh lima juta rupiah dengan jaminan, dan pinjaman satu juta tanpa jaminan.

Rahman juga menjelaskan hadirnya UMKM Center dan permodalan kepada pelaku usaha membuat masyarakat bergembira karena mampu meningkatkan kemampuan usahanya menjadi lebih baik.

“Masyarakat kita malah senang dengan hadirnya UMKM Center ini, apalagi dengan adanya bantuan permodalan, dengan begitu masyarakat kita mampu memperkenalkan produk-produk mereka dan senantiasa meningkatkan penjualan dan tentj saja kesejahteraan” ujar Rahman, Selasa (08/10/2024).

UMKM Center juga menjadi pusat perbelanjaan oleh-oleh bagi para wisatawan yang berkunjung ke Kota Bontang dan juga warga Bontang yang ingin pulang ke Kampung halamannya. (adv)

Pos terkait