UMKM Binaan Perusahaan Ikut Berpartisipasi di UMKM Center Bontang

BONTANG – Upaya meningkatkan kelas UMKM di Kota Bontang tidak hanya dilakukan oleh Pemkot, tetapi juga sejumlah perusahaan ikut terlibat dengan cara melakukan Pembinaan terhadap pelaku UMKM.

UMKM Center yang merupakan wadah bagi para pelaku UMKM di kota Bontang menjadi salah satu tempat bagi perusahaan menempatkan UMKM binaannya untuk ikut berpartisipasi dan meramaikan usahanya.

Bacaan Lainnya

Kepala Bidang Koperasi Usaha Mikro (Kabid B-Kosmik) Dinas Koperasi Usaha Mikro, Perindustrian Dan Perdagangan (DKUMPP) Kota Bontang, Takwin, menjelaskan, hampir semua perusahaan yang ada di Kota Bontang yang mempunyai binaan UMKM ini ikut berpartisipasi dalam UMKM Center ini.

“Kita mengajak mereka untuk menempatkan binaan-binaannya agar ikut serta untuk berpartisipasi untuk menempatkan dan memasarkan produk-produk mereka,” ungkap Takwin, Jumat (11/10/2024).

Diantara Perusahaan yang ikut berkontribusi adalah PT Pupuk Kaltim. PT Pupuk Kaltim memang memiliki program pembinaan UMKM Bontang sebagai upaya untuk berkontribusi meningkatkan kapasitas dan daya saing pelaku UMKM.

PT Pupuk Kaltim menghimpun dan memfasilitasi UMKM lokal, melakukan peninjauan kelayakan produk, memberikan pembekalan strategi pemasaran, dan mendorong UMKM binaan untuk memanfaatkan teknologi digital. Binaan ini kemudian di arahkan ke UMKM Center sebagai salah satu program dari Dinas Koperasi Usaha Mikro, Perindustrian Dan Perdagangan (DKUMPP) Kota Bontang untuk memasarkan produk UMKM.

Kemudian ada juga UMKM Binaan dari PT Kaltim Metanol Industri (KMI), yang juga ikut serta dalam menempatkan binaannya di UMKM Center sehingga dapat lebih mensejahterakan para pelaku usaha kecil dan menengah di Kota Bontang.

Selain itu, Perusahaan lainnya yang ikut serta menempatkan binaannya adalah PT Badak, Pama dan sejumlah perusahaan lainnya.

Diharapkan partisipasi UMKM Binaan Perusahaan-perusahaan tersebut dapat menjadi penyumbang pertumbuhan ekonomi Kota Bontang. (adv)

Pos terkait