Program Kredit Bontang Kreatif; Solusi Bunga Nol Persen untuk UMKM

BONTANG – Kredit Bontang Kreatif (Kredibel, Adil, Transparan, dan Inovatif) merupakan program dari Pemerintah Kota Bontang berupa pinjaman modal usaha dengan bunga nol persen kepada para pelaku UMKM Kota Bontang yang memenuhi syarat.

Program yang dilaunching September 2024 lalu ini merupakan kerja sama antara Pemkot dengan Bank Kaltimtara untuk memberi bantuan modal usaha kepada para pelaku UMKM yang sudah memenuhi persyaratan diantaranya Nomor Induk Berusaha (NIB) dan KTP Bontang.

Bacaan Lainnya

Berdasarkan penjelasan dari Kabid B-Kosmik (Kepala Bidang Koperasi Usaha Mikro) Dinas Koperasi Usaha Mikro, Perindustrian Dan Perdagangan (DKUMPP) Kota Bontang, Takwin, menyampaikan bahwa Bank Kaltimtara Bontang sedang tahap menunggu juknis (petunjuk teknis) dari Bank Kaltimtara Pusat untuk disosialisasiakan.

“Setelah nanti di sosialisasikan, baru kita akan memulai tahapan-tahapan pembukaan pendaftaran dan kita akan rekomendasikan kepada Bank Kaltimtara, dan pihak Bank Kaltimtara yang akan melakukan survey apakah pelaku usaha yang bersangkutan layak mendapatkan pinjaman atau tidak berdasarkan persyaratan yang sudah ditetapkan,” jelas Takwin, Jumat, (11/10/024).

Dirinya juga menjelaskan terkait apakah warga yang baru ingin memulai usaha betul-betul dari nol sementara menunggu petunjuk teknis dari Bank Kaltimtara.

Kredit Bontang Kreatif (Kredibel, Adil, Transparan, dan Inovatif) menyediakan pinjaman kepada para pelaku usaha mikro maksimal sebanyak Rp 25.000.000 (dua puluh lima juta rupiah) dengan jangka waktu hingga dua tahun tanpa dikenakan bunga.

Program ini merupakan bentuk konkret sinergi antara Pemerintah Kota Bontang dengan Bank Kaltimtara terhadap masyarakat pelaku usaha mikro di Kota Bontang. (adv)

Pos terkait